Selasa, 21 Juni 2011

Rossi Gunakan Sasis Ducati 2012 di Assen

Akhir pekan ini di Sirkuit Assen, Belanda, Valentino Rossi akan menggunakan sasis versi Ducati 2012 yang dicocokkan dengan mesin 800 cc. Tim melakukan hal itu sebagai upaya untuk mengakhiri performa yang mengecewakan selama MotoGP musim 2011.

Motor baru yang diberi kode "GP11.1" tersebut juga akan menggunakan transmisi baru. Versi dari sistem yang juga digunakan Honda ini sudah memberikan bukti karena menjadi salah satu kunci keberhasilan mereka dalam mendominasi enam seri balapan.
Ducati memutuskan untuk menggunakan sasis baru setelah mendapat restu. Pasalnya, dengan adanya pengalihan mesin dari 800 cc ke 1.000 cc pada musim 2012, tim-tim pabrikan diperbolehkan untuk menggunakan desain 2012 sebagai ajang uji coba, meskipun masih ada batasannya. Dengan demikian, Rossi akan familiar dengan sasis tersebut, meskipun dia takkan mendapat izin untuk mencobanya dengan mesin 800 cc pada sesi latihan akhir pekan ini.
Selama musim ini, Rossi yang baru bergabung dengan Ducati ini baru satu kali naik podium. Walaupun kondisi fisiknya belum fit 100 persen dan hal ini ditengarai menjadi salah satu penyebab keterpurukannya, tak bisa dibantah bahwa performa Ducati memang tidak berkesan.
Bos teknis Ducati, Filippo Preziosi, mengatakan bahwa untuk sementara GP11.1 akan menjadi sebuah langkah maju, dan tim akan terus bekerja untuk menyempurnakannya.
"Kami memutuskan membuat GP11.1, yang mana menempatkan sebuah mesin 800 cc di dalam sasis GP12, untuk mempercepat pengembangan motor tahun depan. Penggunaan motor ini juga memberikan para pebalap kami sebuah dasar yang lebih bagus dan potensial dalam menghadapi kompetisi," ujar Preziosi.
"Dengan pertimbangan bahwa Valentino belum pernah mengendarai GP11.1, keputusan ini memerlukan pembuktian dalam beberapa seri untuk menyempurnakan potensinya. Namun, kami memutuskan untuk terus bergerak maju dengannya karena kami yakin, ini adalah langkah penting bagi kami dalam proses pengembangan."
"Perbaikan gearbox sepertinya akan menjadi sebuah solusi bagi kami. Ducati Corse Department akan terus mempelajari inovasi selanjutnya, baik untuk tahun ini maupun untuk 2012."
Apa yang dilakukan Ducati ini sejalan dengan keinginan Rossi. Pasalnya, "The Doctor" meminta tim untuk meningkatkan performa dengan memberikan motor baru.
"Filippo, orang-orang di Ducati, dan tim uji telah bekerja sangat keras. Mereka telah memungkinkan kami untuk membuat langkah baru dengan mengembangkan motor kami," ujar juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut.
"Kami tidak memiliki kesempatan untuk menguji mesin 800 cc sejak di Estoril sehingga kami akan melakukannya selama lomba akhir pekan. Ini dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas. Oleh karena itu, kami harus fokus pada dua pekerjaan: membuat penyesuaian dasar ke bagian teknis baru dan menemukan pengesetan secara umum untuk balapan pada hari Sabtu. Kami harus melakukan sebuah pekerjaan dengan baik di trek supaya mendapatkan hasil maksimal dari kerja yang dilakukan di pabrik."
"Ini akan sulit, dan kami tahu hal tersebut mungkin memakan waktu cukup lama sebelum kami benar-benar dapat mencapai yang terbaik. Meski begitu, kami senang dan termotivasi oleh pekerjaan yang kami lakukan."
Rekan setim Rossi, Nicky Hayden, tidak akan mendapatkan GP11.1 sampai balapan berlangsung di rumahnya sendiri, di Laguna Seca, pada bulan Juli. Meski demikian, dia akan menggunakan versi "langkah 2" kerangka 2011 dari Assen.
"Sudah jelas bahwa Ducati sedang bekerja keras, dan itu memberikan motivasi kepada saya, tim, dan untuk semua pendukung Ducati," ujar pebalap Amerika Serikat itu. "Saya berharap bisa meletakkan tangan saya pada GP11.1 secepat mungkin," tambah juara dunia 2006 tersebut.

Sumber :
autosport

Leave a Reply

Klik Iklannya donk !!!

Iqbal Sandi...(n_*)

Iqbal Sandi...(n_*)

My Chat


ShoutMix chat widget

FIFA.COM

 
 

Link List

Blog Tutorial Wordpress Blogger Blogspot ecky.blogspot.com Tukar Link.

Followers